Interview FANTASIAN Neo Dimension Bersama Hironobu Sakaguchi dan Naoki Yoshida

Cuan128 SlotInterview FANTASIAN Neo Dimension – Para penggemar game JRPG akan kedatangan game buatan Hironobu Sakaguchi selaku kreator Final Fantasy, yaitu FANTASIAN Neo Dimension. Game ini akan menghadirkan banyak sekali elemen JRPG klasik yang disukai oleh beberapa kalangan Gamer.

Dalam sebuah kesempatan eksklusif, kami mendapatkan momen untuk bisa melakukan interview bersama dengan Hironobu Sakaguchi di acara Tokyo Game Show 2024. Tidak hanya itu saja, bahkan Naoki Yoshida juga turut hadir pada sesi interview tersebut. Ada banyak informasi menarik didapatkan dalam kesempatan interview eksklusif bersama dengan Hironobu Sakaguchi dan Naoki Yoshida.

Apa saja informasi menarik dari interview bersama dengan Masaaki Hayasaka? Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

Interview FANTASIAN Neo Dimension Bersama dengan Hironobu Sakaguchi dan Naoki Yoshida

Pertanyaan: Apa saja peningkatan yang dihadirkan di game FANTASIAN Neo Dimension dengan versi sebelumnya? Dan apakah ada kesulitan ketika merilis game ini di platform lain?

Hironobu Sakaguchi: Pertama-tama adalah menghadirkan Voice Over karakter pada game dimana ide ini awalnya berasal dari Naoki Yoshida. Grafis resolusi game juga ditingkatkan menjadi 4K. Lalu untuk control karakter juga diadaptasi sesuai dengan platform sekarang.

Seperti yang kalian ketahui, FANTASIAN dulunya memiliki control touch untuk mendapatkan pengalaman seru ketika bermain yang hadir di App Store. Kami juga mengetahui saat itu dimana pada umumnya Player lebih memilih menggunakan Controller, namun sayangnya game tersebut tidak mendukung.

Dan sekarang dengan gamenya rilis di PC dan konsol, tentu Control karakter bisa digunakan dengan Controller. Jadi kami berusaha mengoptimalisasikan Control dengan Controller ini ke dalam game FANTASIAN Neo Dimension.

Lalu ada juga beberapa peningkatan dari segi QoL dalam game, seperti karakter bisa bergerak sedikit lebih cepat agar Player bisa mendapatkan pengalaman puas dalam bermain.

Karena dulunya kami membuat game ini menggunakan Touch untuk Control pada Interface, kami berpikir untuk memanfaatkan fitur tersebut jika Player bermain memakai Mouse di PC. Itu bisa menjadi pengalaman menarik bagi mereka karena fitur seperti itu memberikan pengalaman yang hampir mendekati dengan versi sebelumnya dengan Touchscreen. Saya sendiri cukup menikmati memainkan game ini menggunakan Mouse.

Dan dari Square Enix tahu game ini akan dirilis di PC, mereka meminta kepada tim developer Mistwalker agar bisa hadirkan berbagai tipe Control yang bisa digunakan Player pada platform ini. Tim Mistwalker dengan senang hati mengabulkan permintaan tersebut. Jadi Player yang main di PC bisa menggunakan Mouse sebagai Control dalam game.

Naoki Yoshida: Pada saat saya pertama kali memberikan ide menghadirkan Voice Over pada karakter kepada Hironobu Sakaguchi, dia menolaknya. Saat itu ketika dia menolaknya, Sakaguchi terlihat menyeramkan ketika harus berhadapan langsung dengannya (tertawa).

Hironobu Sakaguchi: Pengajuan ide tersebut terjadi pada awal pengerjaan game ini. Perlu diketahui bahwa saya sendiri berasal dari era dimana cerita game dipersentasikan lewat teks saja. Persentasi seperti itu bisa memberikan kebebasan berimajinasi lebih besar bagi siapa saja memainkannya.

Meskipun begitu, ide dari Naoki Yoshida sangat saya apresiasi dan dia bekerja keras melakukan semua proses untuk Voice Over, mulai dari pemilihan Casting, memperkenalkan koneksi orang-orang yang bekerja di bidangnya dari Square Enix, dan lainnya.

Pertanyaan: Bagaimana pengalaman developer dalam membuat game ini versi konsol dari versi mobile?

Hironobu Sakaguchi: Ketika kami membuat game ini hadir di konsol, Main Programmer dan juga Director FANTASIAN Neo Dimension, yaitu Takuto Nakamura, dia orang yang berbakat yang memahami dan juga bisa menemukan banyak solusi apa saja yang harus dilakukan pada masalah-masalah seperti menu Interface.

Menurutku ada banyak hal perbedaan yang perlu dikerjakan dan dia bisa menyelesaikannya, terlebih dari segi grafis high resolusion pada game agar Player mendapat pengalaman bermain terbaik.

Dan pada saat pertama kali game direncanakan rilis di setiap platform, pada awalnya proyek ini akan membutuhkan waktu lama mengerjakannya. Namun ternyata tidak perlu lama, karena Nakamura bisa cepat membuat game ini agar bisa dimainkan di berbagai platform.

Dari sana kita bisa merasakan betapa berbakatnya dia sebagai seorang Programmer dan juga Director bagaimana dia bisa bekerja secara efisien apa yang harus dilakukan terhadap game yang ada di mobile bisa dimainkan di platform lain seperti konsol. Ketika mengetahui hal ini, saya berpikir betapa cepat dan berbakatnya dia dalam bekerja.

Dan sebagai tambahan, dari Square Enix memiliki tim berbakat yang dapat bekerja dengan bagus untuk mengerjakan game ini rilis di setiap platform, seperti proses melakukan Voice Over. Kerja sama antara dengan Mistwalker dengan Square Enix punya komunikasi yang benar-benar bagus dalam membuat game ini secara bersama.

Pertanyaan: FANTASIAN Neo Dimension hadirkan game JRPG klasik yang telah diadaptasi sedemikian rupa agar cocok dengan para audiens modern. Menurutmu bagaimana masa depan game JRPG kedepannya?

Hironobu Sakaguchi: Pendapatku tentang masa depan JRPG, jujur saja saya tidak terlalu memikirkannya. Hal ini juga berlaku untuk FANTASIAN dimana saya hanya berpikir “hei, saya membuat game JRPG klasik baru” dan merilisnya saat ini di zaman modern. banyak dari alasan itu dipengaruhi juga bagaimana pengalaman saya ketika bermain Final Fantasy VI dan hal ini bisa menjadi motivasi saya sebagai developer untuk kembali membuat game JRPG.

Jadi game JRPG klasik ibaratkan seperti harta lama yang disimpan dalam Time Capsule yang telah dibuka di zaman sekarang ini. Adanya modernisasi terhadap game JRPG bukanlah sebuah batasan. Game JRPG pasti akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Bakal kemana JRPG akan dibawa, saya sendiri tidak punya pendapat untuk hal itu. Saya hanya ingin membuat game dan ingin hal-hal seperti itu tidak terlalu terikat saat bekerja.

Menurutku ini merupakan pertanyaan sulit bagi developer Jepang karena ketika kami ingin membuat “game JRPG terbaik selamanya”, namun pada akhirnya hanya membuat game JRPG biasa pada umumnya.

Tetapi ketika berpikir mengenai masa depan JRPG sudah bukan seperti JRPG, itu merupakan pertanyaan sulit bagi developer karena developer tidak terlalu memikirkannya. Kami hanya ingin Player bisa memainkan game JRPG kami dengan pengalaman terbaik yang bisa mereka rasakan.

Pertanyaan: Kira-kira ada pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada para Gamer terlebih fans JRPG?

Naoki Yoshida: Saya merasa terhormat bisa bekerja sama dengan Sakaguchi dalam pembuatan game FANTASIAN Neo Dimension. Kami berharap para penggemar RPG ataupun JRPG bisa merasakan pengalaman dan emosi luar biasa seperti apa yang kami rasakan terhadap game ini. Kami juga menantikan masukan-masukan dari kalian agar bisa memotivasi kami terlebih Sakaguchi untuk kedepannya.

Hironobu Sakaguchi: Apa yang sudah dikatakan oleh Yoshida tidak jauh beda dengan yang ingin saya sampaikan ke semuanya. Tapi kalau bisa menambahkan, saya sangat suka jalan-jalan.

Jadi jika di negara kalian punya acara video game, jangan lupa panggil saya dan berikan saya alasan agar bisa jalan-jalan dan menikmati perjalanan ini. Please, call!!! Jangan lupa hadirkan Wi-Fi yang bagus di hotel agar saya bisa terus bermain Final Fantasy XIV di PC!!!

Itulah informasi menarik dari interview eksklusif FANTASIAN Neo Dimension bersama dengan Hironobu Sakaguchi dan Naoki Yoshida di acara Tokyo Game Show 2024. Apakah kalian siap menantikan game FANTASIAN Neo Dimension buatan kreator Final Fantasy ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *